Minggu, 25 April 2010

1. apa yang anda ketahui tentang manajemen?

yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.
Manajemen sebagai kolektivitas yaitu merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kolektivitas atau kumpulan orang-orang inilah yang disebut dengan manajemen, sedang orang yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya suatu tujuan atau berjalannya aktivitas manajemen disebut Manajer.
Manajemen sebagai suatu ilmu dan seni, melihat bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip dari manajemen.

2. apa yang anda ketahui mengenai media komunikasi internal?

jika di definisikan dari kata per kata, media artinya alat atau sarana, sedangkan komunikasi berarti sebuah pertukaran pesan dari komunikator kepada komunikan, kemudian internal adalah semua anggota yang berada di dalam sebuah organisasi. jika di gabungkan, media komunikasi internal adalah sebuah sarana dan alat untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan yang digunakan oleh dan untuk bagian dalam organisasi. contoh media komunikasi internal adalah; faks, telepon, majalah, press release, dll. fungsi media komunikasi internal adalah untuk memberikan informasi-informasi penting yang ada di dalam perusahaan, seperti kebijakan kebijakan dari atasan, perubahan jam kerja, dan segala peristiwa penting yang terjadi di perusahaan tersebut. sifat pesan dalam media komunikasi internal adalah satu arah. jenis komunikasi yang digunakan ada 2, komunikasi massa dan komunikasi antarpersonal.

3. sebutkan jenis jenis media internal beserta kelemahan dan keunggulannya!

seperti yang saya sebutkan tadi, media internal antara lain adalah telepon, faks, memo, website organisasi, press release. telepon memiliki keunggulan dapat menghemat waktu untuk berkomunikasi jarak jauh, serta keunggulannya yaitu jika telepon digunakan untuk jarak dekat merupakan hal yang tidak perlu. faks pun memiliki keunggulan dan kelemahan yang sama dengan telepon. memo, keunggulannya adalah inti pesan terlihat jelas dan tidak bertele-tele, namun meiliki kelemahan yaitu terlihat tidak resmi dan pertukaran pesan bersifat pasif artinya jika penerima pesan tidak mengerti maksud pesan, ia akan sulit untuk bertanya karena pemberi pesan tidak ada di tempat dan butuh waktu untuk menemukan kejelasan yang diperlukannya. website organisasi, keunggulannya adalah pekerjaan menjadi efisien dan efektif karena biasanya jobdesk sudah ada di website organisasi, sedangkan kelemahannya adalah tidak semua kalangan mengerti dunia cyber. press release memiliki keunggulan dapat dibawa kemana saja, memiliki kelemahan yaitu boros kertas dan tidak terlalu efisien dibandingkan website.

4. apa yang anda ketahui tentang manajemen media internal?

merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama dalam mempublikasikan sebuah sarana dan alat untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan yang digunakan oleh dan untuk bagian dalam organisasi.

5.Uraikan apa pentingnya menerapkan prinsip-prinsip manajemen dalam mengelola media internal.

a. Planning ( perencanaan ) : perencanaan merupakan proses kerja mental dimana mampu melihat kejadian yang akan datang. Tidak menutup kemungkinan rencana berhadapan dengan realita yang sebenarnya.
b. Organizing ( pengorganisasian ) : pengelompokkan orang – orang, tugas, wewenang dan tanggung jawab, serta pengalokasian sumber-sumber usaha.
c. Actuating ( penggerakkan ) : menggerakan orang dengan cara kebutuhan tersebut / menggerakkan manusi dengan cara memberikan motivasi.
d. Coordinating ( pengkoordinasian ) : mengarahkan berbagai kegiatan sehingga satu sama lain, saling mendukung guna mewujudkan tujuan yang dikehendaki.
e. Pengawasan ( Controlling ) : upaya untuk mengendalikan berdasarkan ketentuan – ketentuan yang ada di dalam rencana yang telah di buat.
Dan bisa menggunakan SWOT :
a. Strength : kekuatan
b. Weakness : kelemahan
c. Opportunity : Peluang
d. Theats : hambatan

6.sebelum memuluskan penggunaan media komunikasi dalam perusahaan, kita memerlukan analisis situasi terkait dengan hal tersebut, apa yang anda lakukan?

untuk press release yang akan saya lakukan adalah menganalisa target marketing, yaitu anggota organisasi tempat media internal tersebut di buat, kemudian menyesuaikan bahasa yang akan di gunakan untuk press release tersebut, kemudian menentukan topik pembicaraan, mendesain press release tersebut semenarik mungkin agar target market tertarik untuk membaca press release tersebut, kemudian tahap pencetakan.

7. dalam manajemen media internal ada proses pra-production, produk, dan pasca production, apa saja faktor-faktor yang harus anda pikirkan pada tiap tahap tersebut?

pra production : yang harus dipikirkan lebih kepada sumber daya, sumber dana, dan content

Produksi: Actuating dan organizing, Ada beberapa hal yang harus difikirkan, - implementasi content
- Implementasi sumber dana
- implementasi sumberdaya, dan
- administrative

Pasca produksi : lebih kepada controlling, editing.

8. unsur manusia dalam organisasi manajemen media internal sangat penting, siapa saja yang terlibat dalam manajemen internal dan apa kualifikasi dari masing-masing posisi tersebut?

secara garis besar:

Manajer : Yang mengatur sirkulasi perusahaan.
Redaktur : untuk mengedit berita, memberikan penegasan peliputan pada wartawan, menentukan
obyek yang akan diliput.
Reporter : mencari atau menulis berita / informasi.
Editor : mengedit berita, sama dengan redaktur.
Desainer grafis : menentukan visual, warna, tata nahasa, konteks issue, penggunaan istilah, teknis pengetikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar