Sabtu, 26 Juni 2010

Dangduters Waktu Smp

Musik.
M-U-S-I-K (note: ini cuma mengeja, bukan nyanyi lagunya d'bagindas ya)
semua orang pasti suka musik. Untuk jenis musiknya itu urusan belakangan. Termasuk gw. Gw sebagai pecinta musik bisa dibilang cukup "labil". Seumur hidup gw, gw ga pernah stuck di satu jenis musik. Sekarang gw lagi suka musik jazz pop kaya semacem jason mraz gitu. Waktu SMA gw suka metal-metalan. Dan bahkan sehingga gw sempet heran sama diri gw sendiri, PAS SD GW DANGDUTERZ!! Gara-gara itu, gw pernah membuat sebuah kemaluan (maksudnya hal yang memalukan) yang parah.

Gw waktu itu kelas 2 SMP pernah di ajarin sama guru yang masih muda, ambon, banyak omong, suka ngerjain muridnya bernama Pak Tony. Suatu saat di sela-sela pelajaran dia, tiba-tiba pak Tony nanya ke anak-anak satu kelas, "Disini, siapa yang pernah suka dangdut???". Wah, dangdut?! Ini nih gw banget!! Begitu pikir gw. Sebelum gw tunjuk tangan tanda gw pernah suka dangdut, gw liat keadaan sekitar dulu. Gw perhatiin si Winda, dia mau nunjuk tapi kayaknya bingung gitu, gw liat si Densi juga sepertinya memiliki hal yang sama, terus gw liat si Mulia, dia udah ganti kostum pake baju kerlap kerlip terus masang jambang-nyambung-brewok ala bang haji sambil bilang, "SANTAI..!!" Seakan-akan mengerti kegundahan murid-muridnya, pak Tony lantas bicara seraya meyakinkan murid-muridnya yang masih bau seledri itu, "Ga perlu malu. Bapak juga suka dangdut kok dulunya". Nah, dengan keyakinan teguh dan tekad baja yang tak gentar digoncang ombak sebesar upil laler, gw mengangkat tangan setinggi-tingginya.

Tadinya gw pengen sekalian berdiri untuk menunjukkan betapa bangganya gw punya pikiran yang sama kaya bapak guru gw yang satu ini, tapi takut nanti ketauan ketek gw bertatto gambar kuda poni warna pink. Masih dengan ketek menganga, gw lihat ke sekitar gw untuk memastikan kalo gw ga sendiri.

Dan ternyata gw salah.

Si winda ga ada tanda-tanda tunjuk tangan. Si densi tiba-tiba diajak ngobrol sama temen sebelahnya. Si mulia? Harusnya gw tau dari awal kalo itu cuma ilusi, karena si Mulia ga akan pernah sekalipun se-sosial itu.


Dan gw sadar kalo gw cuma sendiri yang ngacung. Semua mata tertuju ke gw. Gw keringet dingin. Berbagai persepsi dari tatapan teman-teman sekelas gw muncul secara gambrengan di otak gw. Dari berbagai persepsi itu, yang paling gw inget adalah "KEPARAT!! KALO GINI CARANYA GW DICEKAL SATU KELAS NIH!!". Walaupun kenyataannya ga separah itu, tetep aje... nungclep.

Kemudian Pak Tony nanya ke gw, "Diaz, kamu suka dangdut??". Gw jawab aja iya. Eh sesuai yang gw duga, ternya si Mr.Tony langsung menjelaskan bahwa dangdut adalah musik kelas rendah, bla bla bla pokoknya intinya TERNYATA DIA GA SUKA DANGDUT.

Gw diketawain sampe pulang sekolah. Tidak terkecuali anak cewe. Kampret

Emang sih masa-masa SMP itu masa-masa tergatot gw. Paling gatot yang pernah ada. Tapi entah gw doang atau semua orang beranggapan demikian, tapi menurut gw itu semua hal yang gatot seyogyanya, sesolonya, sesemarangnya adalah hal yang paling berkesan dalam hidup dan sulit buat dilupain. Try: ditolak cewe. Sampe sekarang kalo lagi ngelamun, tiba-tiba suka terlintas kenangan super gatot itu sehingga selalu ada kata-kata penyesalan yang gw keluarin berulang-ulang (contoh: gw bego banget sih waktu itu; pasti muka gw keram banget pas detik detik eksekusi; kenapa sih harus pake cokelat yang udah benyek, kan goblok, mana ada cewe mau sih kalo begitu cara nembaknya; duh, harusnya gw tukeran muka dulu kalo mau nembak cewe itu tuh; aaaargghhh tau gitu tadi bonekanya gw ambil lagi!!; dll). Selain itu, yang menjadikan masa-masa SMP gw tak terganti itu, gw lagi energik energiknya.


Belipit or not, gw gini gini... ehem... pernah... eheum... jadi... uhmmm... idola... uhuk uhuk..!!.. satu sekolah... hoek.... Tapi serius, itu semua berkat hyperaktifitas gw di sekolah. Setiap pulang sekolah gw maen basket. Tiap abis ekskul theatre gw maen basket. Pokoknya dulu gw basket banget deh! Beda sama tsubasa yang punya motto 'Bola Adalah Teman', gw punya motto sendiri: Bola Itu Pacar. Tapi bukan, semua itu bukan seperti yang lo bayangkan. First kiss gw bukan sama bola basket kok (eh, apa jangan-jangan sama bola basket beneran ya?!). Dan juga ironisnya, bola basket tidak pernah membalas cinta gw. Itulah yang ngebuat gw gatot dalam bermain basket. Atau sekedar nyari alibi biar ga dikira cupu. Ya, basket tidak mau berpacaran dengan gw sehingga gw dilanda kekalahan terus menerus, menang pun kalo tandingnya sama anak-anak balita yang baru bisa ngomong "mama". Tapi dibanding pengalaman gw yang pernah gw tuangkan ke dalam buku-buku gw: 5 langkah menghadapi emak-emak jika anda menjadi korban, 100 sms jutek:bagaimana membuat pacar anda mengeluarkan kata 'putus', dan best seller gw: pertolongan pertama menghadapi teman anda yang gay yang ternyata mencintai anda, itu ga seberapa. Dengan akal lebak bulus gw, setiap pertandingan gw selalu tampak depresi dan marah-marah, supaya kalo ada orang lewat pinggir lapangan dan nonton gw, dia otomatis akan berpikir "wah, ini dia yang jago nih". Jago ga tuh gw. Ga salah gw ikut ekskul theatre.

udah dulu ya!! ngantuk!!
bye CUUUUUUUUUUUUN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar